Seringkali kita temui keluhan corong toa mudah putus dan harus ganti spul....apalagi saat dipakai waktu takbiran atau pemakain yang lama.Lalu bagaimana agar corong toa tidak sering putus?

Pertama perlu diketahui bahwa karakter corong speaker toa beda dengan box speaker umumnya, yang membedakan adalah bandwidth frekuensi operasi atau respon frekuensi. Speaker box mampu mengeluarkan suara bass dan treble yg optimal spt kita mau karena frekuensi response nya lebar, umumnya kalo toa 20 Hz s/d 100Khz ( bass dan treble). Sedangkan corong toa karakternya beda, digunakan untuk pemberitahuan yg diutamakan adalah suara manusia/ vokal jelas, didalamnya pake spul / diaphragm.

Lalu apa hubungannya fan gimana cara atasi ini?

Di ampli ada setting bass dan treble shg untuk corong spkr jangan stel bass atau treble terlalu besar, biasanya set ke FLAT/ nol sudah cukup. 

Faktor lainnya? Pastikan impedansi benar, jika pake zh-5025bm dg matching trafo sambungan ke ampli hrs yg high imp. Yaitu 100 volt. Kedua pastikan total watt ampli seimbang, jika pake 4 bh corong toa zh5025bm (4×25 watt) maka gunakan ampli 120 watt, tipe za2120...msh ada sisa daya 20 watt.....aman, jgn kurang dr 100 watt.Ada cara lain? Kalo mau lbh aman ganti spul yg lbh bsr, 50 watt modrl ZG-50DB warna merah.......pastikan yg asli toa dan bersihkan magnet bagian dalam krn kotoran sdkt aja bisa bikin rusak spul.

Selamat mencoba!