Seringkali kita temukan sound system system di mesjid ada gangguan feedback/ storing ada suara ngang nging ngan nging, suara kecil, suara tidak jelas, dan tidak enak didengar.

Bagaimana mendisain sound system yang baik untuk di Masjid?

1. Tentukan jenis speaker dan titik speaker yang optimal dengan bentuk ruang dan luas mesjid.Sebaiknya gunakan speaker dengan sistem High Impedance karena pemakaian kabel panjang agar rugi-rugi daya tidak besar. Hati-hati, speaker untuk mesjid tidak seperti speaker untuk karaoke, home theatre atau Hi Fi, gunakan speaker jenis public address atau pro sound. Untuk hal ini sebaiknya anda konsultasikan dengan teknisi yang mengerti.

2. Hitung Total daya speaker pada poin 1, tentukan amplifier dengan daya diatas total daya speaker tersebut.

3. Speaker untuk corong luar dan speaker dalam, sebaiknya gunakan amplifier terpisah agar suara speaker corong bisa optimal, karena kalau menggunakan 1 speaker yang digabung maka volume speaker corong akan terbatas oleh setting volume speaker dalam yang terbatas karena efek feedback di dalam ruangan.

4. Gunakan Mixer untuk pemakaian mIc yang banyak dan Equalizer agar suara lebih bagus karena bisa di setting lebih optimal, terlebih jika ada efek feedback dari ruang/ bangunan.

Selamat Mencoba !

Wasalam